Tentang Kami

Pengantar

”Tidak ada kombinasi yang mutlak paling bagus antara tujuan konseptual dan tujuan operasional. Dunia kami adalah dunia kreatifitas”.

Sungguh tidak banyak dijumpai di dunia moderen, keberadaan dari sebuah kenyataan sejarah yang berlangsung teramat lama serta  berkesinambungan, dari negara yang beragam suku, kultur dan budaya namun berperan penting dalam peradaban dunia : Indonesia !

Dimasa kini, ada yang tersisa dari rangkaian panjang sebuah peradaban, sebuah benda yang menjadi amat dekat dengan rakyat indonesia, sebuah benda yang eksis beratus tahun lalu itu menjadi kebangaan masyarakat Indonesia, yang kami sebut : Sepeda Tua !

SEPEDA bukan lagi besi beroda yang menyenangkan, melainkan telah bertransformasi sebagai kendaraan alternatif yang mampu menjadi jawaban sederhana bagi beberapa masalah yang terakumulasi, sebagai olah raga, fun dan kebutuhan hidup, bahkan sebagai sebuah solusi untuk masalah polusi, masalah energi dan kemacetan. Mengendarai sepeda pun menjadi sebuah sikap politik dari individu yang merasa paling apolitis sekalipun.

Jakarta Onthel Beach Festival,

Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol – Jakarta Utara

Sabtu – Minggu, 22 – 23 Desember 2012

Pkl. 07.00 – Selesai

Adalah event perdana dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) yang bekerjasama dengan Komunitas Onthel Batavia (KOBA) dan Lintas Komunitas se-Jabodetabek, dimana untuk pertama kalinya merancang secara konseptual dan tematik, lokasi yang dipilih adalah ‘Pasar Seni – Ancol’ yang juga merupakan tempat wahana wisata rekreasi standar internasional, dengan nuansa Pantai pesisir Jakarta yang punya visi Edutaintment, Sportainment & Rekreasi.

Bila setiap kali kita berjumpa dalam event onthel dimanapun pastilah semangat dan aura peserta adalah seputar : “ngonthel, klithikan, kostuman dan panggung gembira”, namun… kali ini Jakarta Onthel Beach Festival akan menggelar konsep yang sangat berbeda!, ya.. BERBEDA!

Kami telah mensurvey dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang lalu, sepertinya sudah saatnya menyajikan acara sesuai kategori minat para onthelis indonesia, untuk itu yang BERBEDA dari Jakarta Onthel Beach Festival, adalah sebagai berikut :

  • Bagi onthelis yang minatnya untuk ‘Ngonthel & Genjot’ kami punya: Rally Onthel!  Peserta (individual) akan melakukan Rally menggunakan sepeda tua (pertama kali di Indonesia) yang menempuh jarak bersepeda maksimal 40 KM. melalui rute yang ditentukan didalam area Taman Impian Jaya Ancol, dengan tanpa limit waktu, peserta dibebaskan bersepeda semampu jarak yang ditempuh, Panitia pun menyediakan Letter of Achievment (Sertifikat Penghargaan) mutlak sesuai jarak yang ditempuh. *sertifikat hanya diberikan kepada peserta Rally dan bersifat Ekslusif.
  • Onthelis yang berjiwa petualang & menantang, kami memiliki acara Melatjak Djakarta (Heritage Jakarta Bike Hunt) – Konsep ini mungkin yang pertama kali di Indonesia, dengan memadukan kerjasama tim (1 Team beranggotakan 3 orang) untuk menjawab teka-teki dalam ‘Melatjak Djakarta’. Peserta akan diberikan panduan yang berisi sandi dan kode rahasia untuk menemukan titik-titik point/tempat ciri khas kota Jakarta, dengan rute rahasia yang bisa ditentukan oleh tim peserta sendiri (bahkan peserta boleh menggunakan GPS System) atau Bantuan Peta, mana yang lebih cepat dan tepat. Area pelacakan ini pun akan meliputi wilayah diluar Ancol. *diikuti oleh Tim perwakilan Klub/Komunitas
  • Bagi Klub/Komunitas, kami punya acara :Parade Senja Nusantara Peserta bersepeda onthel dan harus dalam kelompok (minimal 10 orang). Berparade dengan menggunakan kostum dan penampilan yang tematik seragam, serta berciri khas budaya ke-Indonesia-an. Akan berparade keliling Taman Impian Jaya Ancol pada senja hari (sore hari) – dan para peserta akan melakukan foto bersama di dermaga cinta. *Dilakukan Sore hari, bukan Pagi hari!
  • Bagi onthelis yang merangkap sebagai kolektor, untuk pertama kalinya, kita akan menggelar Kontes Sepeda Tua dengan Standar variatif model (12 Kategori International) dan nantinya InsyaAllah akan di nilai oleh Juri tamu dari IVCA (International Veteran Cycling Association) agar lebih proporsional.
  • Olimpiade Ontelis Nusantara, kami gelar bagi yang tidak suka onthel tetapi suka kemeriahannya, aneka olahraga dan perlombaan ringan serta berat akan kami gelar, seperti Panjat pinang, balap karung, lomba merakit onthel, lomba onthel mundur dll juga khususnya untuk Onthelis Cilik dan Onthelista: lomba mewarnai, lomba makan ice cream, dan lomba peraga busana.
  • bagi pengunjung umum, kamipun akan menggelar Onthel Art Exhibition, yang menyajikan pameran instalasi dan edukasi perpaduan antara sepeda tua ‘onthel’ dan ekspresi seni. Mulai dari lukisan, foto, film dan seni rupa.
  • Soal acara Klithikhan & Panggung Gembira, sudah tentu ada dan Spektakulerrrrr!

Besar harapan kami dengan berpartisipasinya Klub/komunitas/individu terhadap acara ini, bisa memberikan kontribusi positif terhadap manfaat tentang bersepeda tua itu selain bernostalgia dan membuat sehat, hemat dan peduli lingkungan hidup, juga dapat dikemas sebagai acara yang penuh muatan budaya dan sosio kultur ke-Bhinekaan Indonesia.

Sehingga bisa turut diperkenalkan kepada masyarakat luas, untuk melestarikan dan mempertahankan budaya bersepeda serta mengembalikan citra diri bangsa yang berbudi luhur dan bersahaja.
Sampai Jumpa di JAKARTA!

10 responses to “Tentang Kami

    • Trimakasih..buat Panitia Jakrta Onthel Beach… MESAC Sumut sdh terima undnya nich..Insya Allah Brangkat..Salam Onthel..(Temmymesac_02)

  1. Trimakasih..buat Panitia Jakrta Onthel Beach… kami atas nama komunitas BONE sepeda tua ( BONESTA ) brtrimah kasih tlh mgundang kami.. kni undaganx sudh kmi trima…… dn mimfi bsar kami hanx 1 gowes BONE to JAKARTA dngn speda kratan kami…

Tinggalkan komentar